Tuesday, March 8, 2011

Taman mungil

Awalnya saya bukanlah penyuka bunga, meski di rumah orang tua saya dipenuhi oleh berbagai macam bunga mulai dari berbagai macam bunga dari anggrek, gelombang cinta sampai krissan dan aglonema. Maklumlah, ibu saya yang penggemar tanaman hias. Beliau sangat rajin sekali memelihara tanaman - tanamannya itu. Dari mengganti pot, memupuk hingga menyiramnya setiap hari. Semua ditakar dan diberi makan (istilah saya untuk memupuk) sesuai dengan takarannya masing - masing. Ribet yak ?

Sampai kemudian...ketika saya dan suami dapat rezeki untuk membeli rumah. Rumah kami yang mungil di depannya disediakan taman minimalis. Aturan dari developer, setiap rumah tidak boleh dipagar karena formatnya cluster. Ditambah lagi keinginan developer, supaya tidak ada sekat antara tetangga.

Akhirnya saya dan suami berpikir keras. Hmm..bagusnya taman yang mungil ini kita bentuk seperti apa ya ?
Pikir punya pikir, akhirnya saya memanggil tukang taman. Dibentuklah seperti ini :




Hihi..penampakannya cuma sedikit. Soale taman ini belum sempurna bener. karena setelah ini mau dibuatkan kolam ikan juga. Tapi nanti yach, kalo kolam ikannya sudah jadi, saya aplod lagi fotonya. Sementara segini dulu yang tampak ;D

Btw, jangan ditanya yach..apa nama - nama bunga yanga ada di situ. Suerr..saya ngga tau, kecuali nama bunga yang warna kuning dan orange. Itu namanya bunga krissan.
Ternyata mendesain taman dan mememeliharan bunga hias itu seruu lho. Berasa banget puasnya waktu taman itu jadi dan ketika dilihat teman ada yang berkomentar : 'wah, bagus ya tamannya. ini rumahmu ya ? ' *melayanggg dehh*
O'ya bunga - bunga di sini mudah banget diperoleh. Hunting aja ke pinggir jalan Pajajaran Bogor, disitu banyak pedagang bunga hias. Harganya beragam dari Rp 3.500 - 200.000-an tergantung jenis dan ukuran bunganya.

Masing - masing bunga juga ternyata punya manfaat bagi lingkungan lho.
Seperti bunga sansevieria yang berfungsi untuk menyerap karbon dan bunga kamboja yang berguna untuk menyerap debu. Di samping nilai positif tanaman - tanaman itu sendiri dalam memproduksi oksigen. So, buat teman - teman yang  memiliki taman tetapi belum ditumbuhi oleh tanaman. Yukk, mulai membuatnya. Selain keindahan yang didapat. Kamu juga akan merasa nyaman ketika melihat hamparan warna warni di sekitarmu.



No comments: